Senin, 18 Mei 2015

Contoh teks Cerita Prosedur

Membuat Soal
Pagi ini, Pak Jaja, kepala sekolahku memerintahkanku untuk mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran di kabupaten. Untuk mematuhi perintah, aku langsung meluncur menuju ke TKP.
Pada MGMP kali ini ternyata aku dan beberapa teman dari sekolah lain diberi mandat untuk membuat soal Ujian Akhir Sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah berdiskusi ini dan itu, kami lekas membuatnya.

Untuk membuat soal, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menurunkan KD menjadi indikator. Setelah itu, menentukan jumlah soal dalam satu paket. Misalnya, pilihan ganda 50, uraian 5 buah. Setelah itu, menyusun kisi – kisi soal. Kisi – kisi soal terdiri atas indikator, ranah kognitif, jenis soal pilihan ganda atau uraian, dan nomer soal. Setelah itu, kami menyusun kartu soal. Kartu soal adalah gambaran soal yang berisi kompetensi dasar,  indikator soal, soal, dan kunci jawaban. Barulah, dari kartu soal dapat dibuat soal. Soal – soal yang telah dibuat ini selanjutnya akan dikoreksi bersama pada  MGMP selanjutnya. Setelah melalui revisi, soal itu dapat diedarkan untuk Ujian Akhir Sekolah se-kabupaten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar