Senin, 04 Mei 2015

Pengertian, Struktur, dan Ciri-ciri Teks Eksemplum

Hakikat Teks Eksemplum

      1.  Pengertian

Teks eksmplum adalah jenis teks rekaan yang berisi insiden yang menurut partisipannya tidak perlu terjadi.
Secara pribadi, partisipan menginginkan insiden itu dapat diatasi, tatapi ia tidak dapat berbuat apa-apa.

      2.  Struktur

1.     Abstrak inti peristiwa sebagai pengantar yang menggambarkan peristiwa yang akan diceritakan.
2.     Orientasi bagian pembuka cerita atau awalan cerita.
3.     Insiden peristiwa yang tidak diinginkan.
4.     Interpretasi makna atau pesan dari peristiwa yang tidak diinginkan.
5.     Koda  bagian penutup cerita.

  3. Ciri – ciri

      Berisi peristiwa yang tidak diinginkan terjadi
       Menunjukkan urutan peristiwa yang jelas
      Menggunakan bahasa naratif
      Mempunyai struktur lengkap, yaitu abstrak, orientasi, insiden, interpretasi, dan koda.


4.  Karakteristik

      Berisi peristiwa yang tidak sering terjadi
       Peristiwa merupakan hal yang tidak diinginkan
       Menimbulkan penyesalan bagi partisipan
       Menghadirkan diri penulis dalam interpretasi dan koda
       Mengandung nilai – nilai yang disarankan oleh peristiwa


Contoh :

Pencurian
            Sabtu sore, aku pulang dari lapangan Tenis Indoor FIK. Aku baru saja menghadiri Monitoring dan Evaluasi di sana. Sampai kos sudah maghrib, aku langsung mandi.
            Setelah mandi, aku solat maghrib, lalu aku istirahat sebentar di kamar. Di kamar, aku mengobrol dengan Hala. Tak terasa, waktu cepat berlalu. Jam 24.00 WIB teman sekamarku pulang, Mbak Devi namanya. Kami mengobrol sampai pukul 1.00 WIB.
            Minggu pagi, aku dan Devi bangun di pagi yang kacau. Kami kemalingan. Dua laptop, dua handphone, satu modem, dan tasku hilang. Seseorang telah mencurinya semalam. Diperkirakan antara pukul 1.00 sampai pukul 3.00. Sebab, teman sebelah kamarku bangun pukul 3.00 dan tahu bahwa pintu kamarku terbuka. Tapi, ia juga belum tahu kalau kami baru saja kehilangan beberapa barang penting. Aku bertanya pada Devi, apakah ia belum mengunci kamar ketika tidur, ternyata Devi lupa tidak mengunci kamar kami.
            Setelah itu, aku dan Devi langsung lapor ke Bapak Kos, kami disuruh untuk lapor ke kepolisian.  Pagi itu, kami langsung ke Polsek Gunung Pati, pukul 08.00 kami tiba, membuat keterangan, surat kehilangan dan menyerahkan barang bukti berupa tas yang ditnggalSi Pencuri di Jemuran. Jam 10.00 WIB polisi datang ke kos untuk melihat dan menyelidiki kasus ini. Meski polisi juga belum bias menemukan pelakunya.  Kami betul-betul tidak menyangka kejadian seperti ini menimpa kami.
            Kejadian ini adalah peringatan besar untuk kami. Sejak itu, saya dan Devi terus waspada.
Aku telah memasang gembok di pintu belakang. Dan kamarku selalu dikunci meski kami hanya keluar sebentar.
            Barang-barang itu bisa kembali Alhamdulillah, tapi kami juga tidak menaruh harapan terlalu banyak.  Aku dan Devi masih sehat dan selamat juga sudah bagus. Aku berjanji, akan terus waspada, berhati-hati dalam menjalankan aktivitas- aktivitas di hari berikutnya.

47 komentar:

  1. Izin copy ya tenang saya akan cantumkan website nya

    BalasHapus
  2. Contoh Teks nya jangan di kopas ya :v #AnkSmp1

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas semua informasi tentang teks eksempulm nya...

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Terimakasihhh..
    Sungguh membantuu ^^

    BalasHapus
  6. izin copas :) sangat membantu .. terima kasih. trs berkarya ..

    BalasHapus
  7. ngomong-ngomong itu tokoh aku cowok atau cewek ya?

    BalasHapus
  8. Sangat membantu... Terimakasih.

    BalasHapus
  9. mau nanya nih, bagian abstrak nya paragraf 1 yaa?
    satu lagi di kalimat "aku mengobrol dengan Hala"
    Hala apa ya?? tolong di jawab ya buat tugas :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu teks yang belum sempurna sdr Zahra, ini merupakan tugas, yang sudah direvisi ada bagaian abstraknya sebelum paragraf satu, yaitu kalimat Aku mengalami pencurian beberapa hari yang lalu.
      Untuk "Hala" itu adalh nama Tokoh...lebih tepatnya teman saya sendiri..

      Hapus
  10. teks nya bagus, tetapi lebih baik jika di sertakan dengan strukturnya dan juga unsur kebahasaannya karena itu sangat diminati oleh anak sekolah. agar web dan blog ini diminati oleh banyak orang apalagi yang sering mencari artikel2 sekarang dominan anak sekolah. terima kasih ( izin copy:) )

    BalasHapus
  11. ......abstraknya kok nggak ada?

    BalasHapus
  12. Iya silakan semuanya.....tetap gunakan Etika Pengutipan yang baik....
    Terima Kasih atas kritik dan sarannya,
    Akan saya perbaiki postingan - postingan selanjutnya...
    Semangat Mengajarr :)

    BalasHapus
  13. makasih sekali atas bantuanya..

    BalasHapus
  14. Ilmu baru tentang jenis cerpen. Makasih :)

    BalasHapus
  15. thaks!!!! bermanfaat banget >_<

    BalasHapus
  16. Izin Copy ya buat anak - anak sekolah MTsN 39 jakarta

    BalasHapus
  17. Saudaraku sekalian tolong klik follow / ikuti di kolom kanan atas setelah Anda mengcopi atau menggunakan informasi dr blog ini yaa...terima kasih ...

    BalasHapus